Pelayanan Gas Medis PDF Print E-mail
Written by yanto krisyanto   
Saturday, 09 August 2008 07:49

Untuk menentukan ukuran ruang sentral gas medis di rumah sakit lebih dahulu harus diketahui jenis dan kapasitas gas medis yang akan dipasang. Dalam pembangunan rumah sakit baru penentuan ruang sentral tidak ada masalah, karena telah diperhitungkan dalam perencanaan bangunan. Pada rumah sakit yang pengembangannya secara bertahap kadang-kadang sedikit kesulitan karena harus menyesuaikan dengan kondisi lahan yang tersedia.

Jenis gas medis yang dipasang pada system sentral adalah:
a. Oxygen
b. Nitrous Oxide
c. Compressede Air
d. Vacum ( Suction )
Sedangkan untuk jenis gas medis lainnya biasanya diadakan dengan system portable ( setempat ) .
Kapasitas sentral gas medis pada umumnya dihitung menurut outlet gas medis yang dipasang. Untuk menentukan jumlah outlet yang akan dipasang disesuaikan dengan banyaknya pelayanan yang ada di rumah sakit. Lokasi ruang sentral diupayakan penempatannya di tempat yang strategis, mudah dijangkau sarana transportasi, terutama untuk keperluan penggiriman tabung-tabung gas isi dan pengmbilan tabung kosong.
Penempatan ruang sentral harus cukup aman bagi kegiatan pelayanan/ perawatan, terutama dipikirkan bahaya ledakan atau kebakaran pada tabung-tabung gas isi yang bertekanan tinggi.
Ruang sentral harus diupayakan jauh dari daerah sumber panas, olie dan sejenisnya. Khusus terhadap olie dan sejenisnya harus sangat hati-hati karena bisa menimbulkan ledakan apabila terjadi gesekan terutama pada gas oxygen. Pada bangunan sentral gas medis perlu diberi petunjuk atau papan nama yang jelas dengan tulisan:
“ SENTRAL GAS MEDIS “
“ YANG TIDAK BERKEPENTINGAN DILARANG MASUK “
DILARANG MEROKOK

Last Updated on Monday, 21 June 2010 06:57
 

Statistics

Content View Hits : 362148

Customer Service

Hubungi kami melalui contact person atau via YM dg klik

FaceBook

Gas Medis SMI